Monday, October 5, 2015

Bumi Datar?

Saya masih menghargai statement yang dilakukan oleh beberapa filsuf seperti Socrates, Thales dan Anaximenes sekitar 550 SM yang mengatakan bahwa kondisi Bumi datar.
Ada beberapa hal yang menjadi poin saya untuk menghargai statement para filsuf tersebut diantaranya, melalui statement-statement inilah spirit untuk eksplorasi Bumi mulai terbuka, melalui statement inilah terjadi perdebatan menuju peradaban yang baru akan pengenalan manusia terhadap Universe, dan melalui statement inilah muncul beribu-ribu pertanyaan mengenai fenomena alam ini.



Persis seperti Gravitasi yang digagas Newton hingga munculnya penemuan baru yg digagas Einstein yang disebut sebagai Relativitas.
Singkat cerita, tanpa statement dari beberapa filsuf diatas, sangat tidak memungkinkan bagi manusia untuk membuktikan bahwa bumi sebebarnya "bukanlah datar". Sangat tidak memungkinan bagi Einstein untuk membuktikan Relativitas tanpa adanya penemuan Gravitasi yang digagas Newton sebelumnya. Tetapi kembali lagi kepada kapasitas manusia sekarang, disaat manusia sudah berhasil menerbangkan shuttle space ke luar angkasa, disaat manusia telah mencoba eksplor galaksi Milky Way, disaat manusia telah berhasil menemukan beberapa galaksi di space, maka akan sangat lucu jika masih ada manusia yang meyakini Bumi datar dan melayang ibaratkan piring diatas space. Sama ibaratnya seperti keyakinan bahwa bumi mengelilingi matahari.
Ada yang meyakini bumi datar? Jawabannya ADA.
Ada yang meyakini bumi mengelilingi matahari? Jawabannya ADA.

 
Design by Jery Tampubolon | Bloggerized by Jery - Rhainhart Tampubolon | Indonesian Humanis