Senin, 02 November 2015

Penipuan Lowongan Kerja 2017

Berikut adalah sebagian petikan isi surat penipuan recruitment PT Shell Indonesia.

Berdasarkan hasil evaluasi tim seleksi terhadap lamaran kerja Saudara yang kami terima, dengan ini kami sampaikan bahwa berkas lamaran Saudara memenuhi persyaratan yang ditetapkan. sehingga Saudara dapat mengikuti tes seleksi calon Karyawan. 

Tes seleksi Rekruitmen Karyawan PT Shell Indonesia akan dilaksanakan pada: 
Hari/tanggal : Selasa/03 November 2015 
Waktu : Pukul. 09.00 WITA - Sampai Selesai 
Tempat : Gedung Sekar Menuh, Jalan Raya Puputan No. 41, Denpasar,Bali 
Untuk dapat mengikuti seleksi ini Saudara diwajibkan membawa : 
  • Surat Panggilan Tes yang sudah di kirim via E-mail ke masing-masing peserta (Surat Mohon di Print). 
  • KTP / SIM (Kartu Indentitas Diri) asli.
  • AlatTulis (Pensil 2B, ballpoint, dan penghapus).
  • Saudara diharap hadir di tempat test 30 menit sebelum waktu yang ditentukan (apabila tidak hadir dianggap mengundurkan diri). Demikian kami sampaikan, untuk menjadi perhatian. 
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Perlu diketahui, PT Shell Indonesia tidak pernah melakukan program recruitment karyawan diluar daerah. Segala aktivitas rekrut karyawan selalu dilakukan di kantor pusat PT Shell Indonesia yang beralamat di:
Talavera Office Park, 22nd - 26th floor, Jl. TB Simatupang  kav. 22 - 26 Jakarta 12430.
Setiap recruitment penipuan selalu melibatkan calon karyawan untuk membayar beberapa biaya administrasi dan biaya perjalanan. Biasanya calon karyawan akan diarahkan untuk memesan tiket (reservasi) pada alamat Tour Travel yang ditentukan.
Untuk menarik perhatian para korban biasanya perusahaan akan mengganti biaya tiket, akomodasi dan penginapan pada saat test selesai dilakukan (baik lulus/tidak lulus).
Sekedar informasi lain bagi teman-teman, biasanya penipuan recruitment akan mengirimi alamat email yang sama persis dengan alamat email perusahaan.
Pada kali ini penipu menggunakan domain email shell.indonesia@asia.com. Sementara alamat email perusahaan resmi selalu melibatkan nama perusahaan dibelakang "@".

Berikut cara-cara untuk mensiasati penipuan lowongan kerja:
  • Biasanya para penipu akan mengirimkan surat panggilan pada saat hari libur kerja (Jumat Sore-Minggu)
  • Pada surat panggilan kerja penipu selalu melibatkan calon karyawan untuk membayar biaya administrasi berupa tiket, biaya penginapan, transportasi, dll. Penipu akan mengarahkan calon karyawan untuk melakukan reservasi pada alamat tour travel yang dicantumkan di dokumen beserta nomor telepon tour travel yang bersangkutan
  • Alamat email penipu sengaja persis dengan alamat email recruitment perusahaan terkait. Tetapi pada umumnya alamat email resmi recruitment selalu menggunakan nama perusahaan dibelakang "@" email.
  • Surat panggilan sengaja dibuat se-formal mungkin dan test wawancara dilakukan diluar kota. Sementara bagi beberapa perusahaan besar test karyawan selalu dilaksanakan di kantor pusat.
  • Sebelum percaya kepada email recruitment selalu check alamat website perusahaan dan sebisa mungkin hubungi nomor telepon pusat perusahaan.

Berikut saya berikan lampiran contoh dokumen recruitment penipuan:

Berikut printscreen dokumen recruitment perusahaan:


--------------------------------------------------------------------------------------------------
Biasanya penipu selalu mengarahkan calon karyawan untuk melakukan pemesanan di alamat tour & travel yang telah ditentukan sebelumnya.



By: Indonesian Humanist


94 komentar

Infonya sangat berguna buat para pencari kerja agar tidak mudah tertipu dengan hal-hal semacam itu.

Silahkan di share @GesMes, agar semua orang tahu bagaimana modus penipuan recruitment. Kebanyakan perusahaan tidak memungut biaya apapun pada saat proses recruitment.

Saya lihat belakangan ini, setiap penipu melakukan modus dengan mengalihkan korban agar melakukan pemesanan tiket pada layanan travel yang sudah disediakan oleh penipu. Alih-alih agar korban mengirimkan uang pembelian tiket.
Modus ini tidak hanya berlaku bagi atas nama PT Shell, tetapi masih banyak perusahaan lagi. Jadi, sebarkan informasi ini.

sama kasusnya dapat email panggilan seperti itu berarti benar penipu modus nya cari dana dari pelamar kerja

Benar @Azco Bleender. Ringkasnya, setiap perusahaan pada umumnya tidak melakukan recruitment karyawan dgn membebankan karyawan dri segi materi. Untuk itu setiap calon karyawan harus selalu berhati-hati untuk menyikapi setiap recruitment perusahaan. Sukses

jagan2 saya sapat pangilan d medista juga penipuan ni?''ada yg punya no gedung secar menuh

jagan2 saya sapat pangilan d medista juga penipuan ni?''ada yg punya no gedung secar menuh

Iya sya jg dpet panggilan dri RS medistra sama banget persis dsuruh tes di bali trus nomor agen travel nya jg itu...

Oke..Semoga semakin hati2, hindari recruitment kerja yang melibatkan pelamarnya untuk membayar biaya2 selama recruitment

Cocok dah. Pas gue telpon nomer terkait...masa kantor ada suara ayam berkokok backsoundnya..hahahaha...hati2..

Jangan Sudzon Andri Tea, kali saja jobdesnya untuk piara ayam :D

brusan dapat email yang mirip sama kayak diatas,, sarann dong

Saran saya, sebaiknya dihindari.

Saya jg sama...tapi tgl 24 besok.itu benar tidak

Saya jg sama...tapi tgl 24 besok.itu benar tidak

Setiap perusahaan hampir rata2 tidak mengikutsertakan beban biaya kepada calon karyawan. Sebisa mungkin dihindari jika melibatkan biaya-biaya yang tidak jelas.

Saya jga dpt dri medistra buat tgl 6 okt, beneran ga ya itu?

Di jalan raya puputan no 41 ga ada yg namanya gedung sekarmemuh.usaha saya dikitaran jalan raya puputan. Banyak orang kadang bertanya kepada saya tentang gedung sekar menuh yg sebenarnya gedung itu ga pernah ada di jl raya puputan no 41 itu modus penipuan loker aja hati2.

Di jalan raya puputan no 41 ga ada yg namanya gedung sekarmemuh.usaha saya dikitaran jalan raya puputan. Banyak orang kadang bertanya kepada saya tentang gedung sekar menuh yg sebenarnya gedung itu ga pernah ada di jl raya puputan no 41 itu modus penipuan loker aja hati2.

Kedapatan Modus Penipuan Jobfair dari Jl Sunset Road o 818, Kuta Badung Bali. 31 Desmber 2016. Logo BPH Migas seharusnya Logo BP Migas kalau untuk Perusahaan Upstream Migas.Semoga kawan-kawan yang dapat e-mail panggilan interview seperti saya lebih berhati-hati dan teliti, Tks

nih sayajuga barsan dapat undangannya, karena saya dari awal terima sudah curiga, ditambah saya orang IT, macem-macem ni orang, hehe...

Bagi mereka yang awam, saya kasih tahu caranya, pertama copy paste ke browser alamat email penipu ke browser dengan keyword "(email penipu) penipuan"

langsung enter, keluar deh korban-korban yang pernah tertipu, bilamana benar.

salah satunya yah begini, saya menemukan website ini, semoga membantu. selanjutnya saya serahkan kepada anda, baiknya diapakan yah?

ini bukti undangnya, masih fresh januari 2017
http://prntscr.com/dqif5k

Hampir saja, sama persis ini ganti header sama perusahaan aja, ane di hankook tire gan... sekar menuh juga

tadi pagi saya juga dapat email dengan format yg sama seperti itu untuk tes interview sabtu 21 januari 2017

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Gedung Sekar Menuh, Jalan Raya Puputan No. 41, Denpasar,Bali. 22 januari 2017. ngeri sekali bro. nyaris.

Sama persis banget yang aku alami gan. bedanya ini PT. Hankook tire. Anehnya Perusahaan di Cikarang, kenapa perekrutannya di Bali. sedangkan saya daftarnya waktu itu ngelihat lowongan di jogja. Kop surat nomer teleponnya tidak sama dengan website resmi dari perusahaan itu sendiri
Bedanya nomer HP BUANA TRAVEL & TOUR itu (Arif Muliawan) 08239998160. pas aq tanya sih suruh transfer 3jt dulu ke BUANA Tour n Trevel. tetapi nanti waktu di bali akan diganti uangnya dengan tim penyeleksi dari pihak kantor. Agak sankijg sih bener ato slah. buat refrensi readers aja gan... Hati2..

Infonya sangat berguna, hampir saja kenak. bedanya ini PT. Hankook tire. nama trevelnya sama juga Buana Tour & Trevel. kantor pusat di cikarang tp ujiannya di Bali kan tidak masuk akal. syukurlah uda dapat info dari blog ini

Pokok yang modus ya besar ...jangan cepat2 tergiur ... Ayo dicek sebelum bertindak ...

benar sekali, tgl. 26 jan 2017 saya juga pernah mendapat surat tes di perusahaan conoco philips, isinya persis seperti yang diatas, kantor pusat di jakarta tetapi tes nya di bali, ketika saya telp terdengar suara ayam berkokok, dan sy menghubungi agen travel pusat seperti yg tercantum di surat tersebut, dan mereka menjawab hal ini penipuan, sudah sering terjadi, dan oihak travel pusat tidak ada kerja sama dengan perusahaan mana pun.. saya bersyukur karna dana travel dan penginapan belum saya kirim, dan sy benar2 selidiki sebelum bertindak.. semoga bermanfaat.

Trima kasih Banyak untuk infonya.
saya hampir saja tertipu .

Untuk teman2 yang barusan dapat panggian dari PT pupuk indonesia juga agar berhati2, surat panggilan test di bali dan di email pertanggal hari ini, silahkan di cek kebenarannya melalui call centre perusahaan

@sahat togatorop saya juga menerima surat panggilan test di bali yang sama persis. benar-benar hampir teliti mereka menipunya ya.

Adek ane barusan dapet panggilan juga dari samsung. Test di sekar menuh. Untuk tanggal 9 februari. Makasih infonya ya.

saya barusan bgt panggilan ini di denpasar bali :(

Sya jg barusan dapat email panggilan dari pt. Pupuk indonesia interview nya di Gedung sekar menuh bali,buat tgl 11 februari.. Hhmm trnyt hanya penipuan. Trima kasih infonya

Waduh, saya juga barusan dapet undangan interview Pt.conocophilips.. awalnya udah seneng banget padahal, tp syukurlah bisa baca postingan ini! Harus berhati2 ke depannya.. terima kasih.

mantap baru pagi ini dapat dr PT PUPUK INDONESIA (BUMN) gak kira2 bro n sis... arif muliawan tersangkanya, mantap...

SMA gan ane jg dpet panggilan dri BCA ..
.Buana & travell nya noh yg bkin modus Kya.a..
.Jgn tertipu heeeee

Ane masih anget nih gan dari PT. Shell. Baru aja 18 April 2017 Pk 07.15 haha. Untung saya langsung baca-baca dulu. Sama banget sama yg di share di Blog.

Sama juga dengan aku hahahha masih anget

Sama gue juga masih anget. Jam 10 tadi wkwk

sama bro dapet kiriman dari pupuk indonesia, mending laporin langsung diwebsite resminya

Saya dah 3 kali dapat modus yang sama, yg pertama saya tidak berminat krn lokasinya di Bali. Yang kedua di Jakarta, saya sempat juga menghubungi mereka, dan mereka memberikan saya waktu skitar 1.5 jam tuk transfer dana. Kebetulan hujan lebat didaerah saya, lalu saya batalkan. Yang ketiga ni saya curiga knp koq sama modelnya, klo emang pihak perusahaan mo membiayai napa gak dari awal pemberangkatan. Adapun nama perusahaan yang mereka gunakan yg pertama dari anak perusahaan Pertamina, saya lupa nama perusahaannya test di Bali. PT. Pan Maritime Wira Pawitra test di Jakarta. PT. Shell Indonesia test di Bali. Makasih infonya.

Silahkan share artikel ini agar semakin banyak masyarakat/pelamar kerja mendapatkan informasi mengenai beberapa modus penipuan panggilan kerja. Zaman sekarang semakin banyak trik yang dilakukan oleh penipu untuk menjerat targetnya. Terimakasih.

Wah sama persis nih, parah, udah mau siapin dana, ternyata penipuan, harus di lacak.

Saya barusan kena gan and sist .. kurang waspada dan teliti ,maklum karena kebutuhan jadi mengurangi kepekaan

area Jakarta sudah banyakkah yang kena .. ayo lapor dan lacak sama2

saya juga nih, dpt email...pertama seneng bgt.eh, pas tau disuruh transfer .udah mulai curiga ni,dan ternyataaa...memang bnar penipuan.

Sedikit cerita,saya dpt email yg mengatasnamakan bank ***. Tp yg mencurigakan itu saya harus melakukan konfirmasi dan pemesanan tiket melalui agen travel yg sdh disiapkan. Semua gratis mulai dari akomodasi maupun transportasi. Lebih heran lagi, saya diwajibkan naik pesawat. Wih keren kan mikirnya. Tp ternyata itu PALSU. Saya hubungi nomor agen travel dan org yg ngaku hrd bank itu. Sangat menipu. Disaat saya boleh membawa ortupun itu gratis semua biaya. Pelajaran ya jgn mudah tergiur email penerimaan seleksi.

Sedikit cerita,saya dpt email yg mengatasnamakan bank ***. Tp yg mencurigakan itu saya harus melakukan konfirmasi dan pemesanan tiket melalui agen travel yg sdh disiapkan. Semua gratis mulai dari akomodasi maupun transportasi. Lebih heran lagi, saya diwajibkan naik pesawat. Wih keren kan mikirnya. Tp ternyata itu PALSU. Saya hubungi nomor agen travel dan org yg ngaku hrd bank itu. Sangat menipu. Disaat saya boleh membawa ortupun itu gratis semua biaya. Pelajaran ya jgn mudah tergiur email penerimaan seleksi.

Sedikit cerita,saya dpt email yg mengatasnamakan bank ***. Tp yg mencurigakan itu saya harus melakukan konfirmasi dan pemesanan tiket melalui agen travel yg sdh disiapkan. Semua gratis mulai dari akomodasi maupun transportasi. Lebih heran lagi, saya diwajibkan naik pesawat. Wih keren kan mikirnya. Tp ternyata itu PALSU. Saya hubungi nomor agen travel dan org yg ngaku hrd bank itu. Sangat menipu. Disaat saya boleh membawa ortupun itu gratis semua biaya. Pelajaran ya jgn mudah tergiur email penerimaan seleksi.

Saya td siang pas hari libur jg.. Tgl 29 besok harus di bali. Sementara saya dari garut jauuuh banget.
PT PUPUK INDONESIA PERSERO.
padahal ktr pusat nya nggak ada yg di bali.
Thankz berat info nya gan...!!!
Rencananya saya mau berangkat ke jakarta besok pagi..
Saya di bilangnya 20 orang terpilih dr semua pelamar....

Saya td siang pas hari libur jg.. Tgl 29 besok harus di bali. Sementara saya dari garut jauuuh banget.
PT PUPUK INDONESIA PERSERO.
padahal ktr pusat nya nggak ada yg di bali.
Thankz berat info nya gan...!!!
Rencananya saya mau berangkat ke jakarta besok pagi..
Saya di bilangnya 20 orang terpilih dr semua pelamar....

AKU TERIMA PESAN SEPERTI ITU,BAGAI MANA BISA DI TINDAK?

Trm ksh utk informasinya. Hari ini pagi2 saya buka email ternyata dpt panggilan interview dr PT British Petroleum. Tes & interview diadakan di Bali hari Senin 17 Juli 2017. Diminta utk sms utk memastikan kehadirannnya dan di minta membeli tiket di tour & travel yg di tunjuk. Barusan sms saya lagi utk memastikan kehadiran saya dan meminta saya utk membuka email. Klo melihat emailnya memang sangat meyakinkan panggilan kerja sampai 6 lembar ada kop surat dan tanda tangan dr pimpinan perusahaan (Rahmat Sudibyo). Dan orng travelnya Benny Subianto,SE (082370362999).

Terimakasih infonya, hari ini saya dapat email sama persis seperti di atas dan mengatasnamakan PT Bio Farma dan harus memesan travel

Saya juga tertipu dengan modus yg sama mengatasnamakan PT. KRAKATA* STEEL, dan saya sudah salah kaprah, sekarang saya tertahan di bandara SoekarnoHatta tidak tau harus kemana, saya baru saja membaca web ini. Mohon maaf rekan2 tolong bantuannya

Saya juga tertipu dengan modus yg sama mengatasnamakan PT. KRAKATA* STEEL, dan saya sudah salah kaprah, sekarang saya tertahan di bandara SoekarnoHatta tidak tau harus kemana, saya baru saja membaca web ini. Mohon maaf rekan2 tolong bantuannya

saya juga hampir kena tipu dengan mengatasnamakan PT.Bumi Resources Tbk. mereka bilang test dilaksanakan sabtu tanggal 12 Agustus. tapi nama travelnya sekarang ASITA TOUR & TRAVEL dengan nama penanggung jawab Benny Subiyanto,SE. untung saya belum transfer

Polisi drpd nyidukin yg buat meme.. Mendingan nyidukin org model penipuan begini,, dr dlu ga hbs".. Org ssh ga pnya kerjaan nyari kerjaan ditipu juga.. Kadang jobsss sm indeeee klo ngsh berita loker ga disaring.. Sklinya asli udh kadaluarsa.. Yg msh berlaku penipuan..

Benar...baru ini saya juga dapat Info dari HM Sampoerna dan Chevron akan diadakan Test seleksi di Gedung Sekar Menuju,jln Puputan no.41,Denoasar...modusnya sama seperti yg disampaikan,pas saya kroscek via nomer HR tersebut menginfokan segera registrasi keAgen Tour dan Travel yg ditunjuk,disinilah kecurigaan saya karena pihak agen terkesan memaksa harus membayarkan uang deposit yg akan dirembesh perusahaan hari itu jg ketika saya menelpon dan mereka menghubungi saya sampai 3x untuk melakukan pembayaran segera....Terima kasih kawan infonya.

Benar...baru ini saya juga dapat Info dari HM Sampoerna dan Chevron akan diadakan Test seleksi di Gedung Sekar Menuju,jln Puputan no.41,Denoasar...modusnya sama seperti yg disampaikan,pas saya kroscek via nomer HR tersebut menginfokan segera registrasi keAgen Tour dan Travel yg ditunjuk,disinilah kecurigaan saya karena pihak agen terkesan memaksa harus membayarkan uang deposit yg akan dirembesh perusahaan hari itu jg ketika saya menelpon dan mereka menghubungi saya sampai 3x untuk melakukan pembayaran segera....Terima kasih kawan infonya.

Saya saja baru kena, dr freeport

iya gan ini saya juga dapet panggilan dari PT. SEMEN INDONESIA suratnya bner kaya gtu mirip dan suruh transfer uang 3,7 jt katanya apakah benar atau tidak ini

Saya hari ini kena juga nih.. Chevron tp perusahaannya.. Hampir aja saya transfer.. Tapi saya nemuin banyak kejanggalan.. Trs pas saya mw transfer, saya ngerasa pengen googling aja gt eh taunya dy penipu.. akhirnya saya diemin aja..
Eh taunya si ARIF itu sms terus nanyain udh d tf ato blm.. BU kalik yaa

iya benar sekali harus berhati-hati jgn sampai banyak lagi korban penipuan termasuk salah satu keluarga saya yg kena tipu. semoga allah membalas semua perbuatannya. aamiin.

Saya baru dapat panggilan yg sama persis dari PT angkasa pura, karena saya berasal dari bali asli jadi saya tidak perlu memesan ticket lagikan, setelah saya balas klau saya bisa langsung datang ke lokasi karena dekat dengan tempat tinggal saya eh malah gak di bales haha, terimakasih banyak atas infonya bermanfaat banget jadi saya bisa lebih berhati-hati

Harusnya ada yg lapor polisi.. Nama orangnya sama terus. Harusnya polisi cepat tangkap orang penipu itu supaya tidak ada korban

Saya barusan dapat panggilan dari TRIPATRA, modus sama. Penipuan

Saya juga dapet ini, awalnya seneng dong di angasa pura,udh di niatin mau pergi motoran sambil liburan eeh pas googling banyak berita nya gajadi deh berangkatnya

Saya jg tadi pagi terima email serupa, contact person sama persis tp mengatasnamakan Siloam Hospitals. Thx infonya 👍👍

Wahhh untung dapat info disini barusan saya dapat email dari PT.SHELL dan test nya sama persis alamat diatas, ternyata penipu... terimah kasih atas info nya

tetap waspada, dan sharing artikel ini agar semakin semua orang termasuk calon karyawan semakin waspada. terimakasih

hampir ajaa ketipu, barusan tadi pagi dapet email persis kek gitu gan hehe untung belom jadi gass ke bali hahaha
thanks ya gan, blognya sangat bermanfaat 🙏

Barusan dpt email sprt yg diatas. Tp saya yakin itu penipuan karna ada tour and travelnya.

Sama persis dgn email yg kuterima td pagi. Pas ku cek digoegl ternyata penipuan loker. Jd nggak jd deh ketipunya

Sama persis dgn email yg kuterima td pagi. Pas ku cek digoegl ternyata penipuan loker. Jd nggak jd deh ketipunya

Yappp..silahkan di share tulisannya yah, agar semua calon karyawan tahu

Pt pertamona pake jasa ini juga masa aduhh nama agennya sama arif

saya juga dapet sampe 3 kali dalam bulan ini , saya harus bayar administrasi kek agen tour & travel bali .

hampir saja ane tertipu,mkasih ganti infonya

hampir saja ane tertipu,mkasih ganti infonya

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

shell.indonesia@asia.com iya saya baru aja dpt

shell.indonesia@asia.com iya saya baru aja dpt

alhamdulillah, trimakasih bnyk infonya, hampir saja saya trtipu, dpt panggilan tes mengatasnamakan PT. Angkasa Pura II ,

Yap..silahkan di share biar para calon karyawan semakin waspada dalam menyikapi informasi rekrutmen kerja

Buana Tour & Travel kayaknya sudah lama ya digunakan jadi travel untuk akomodasi calon karyawan yang mau ditipu. Saya iseng-iseng mengisi form untuk loker di PT Chevron akhir bulan lalu, yg walaupun saya tahu bahwa PT tersebut sedang melakukan rasionalisasi, semoga teman-teman yang berhasil dikirimin undangan interview tidak ada yang jadi korban.
Hati-hati dengan info peluang kerja didalamnya ada unsur biaya atau uang yg harus disetorkan. Sepanjang pengetahuan saya proses rekruitment tidak pernah memungut biaya.

saya dapat panggilan kerja juga buat tanggal 23 November 2017 lokasi tes di bali

Saya dpt panggilan kerja buat tgl 22 nov 2017 an. Pt Niro ceramic sales indonesia dgn travel ARION TOUR TRAVEL. No. Tlp penipu mengaku an. Samsudin 081355245118 & an. ERWIN 08126747149. Hati2 penipuan jaman now sgt profesional.

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

 
Design by Jery Tampubolon | Bloggerized by Jery - Rhainhart Tampubolon | Indonesian Humanis