Thursday, December 4, 2014

Kilobots Robot

Perkembangan teknologi robot saat ini memang canggih. Tak hanya sebuah robot yang mampu melakukan berbagai tugas manusia, namun kini juga terdapat robot berukuran mungil yang mampu bekerjasama selayaknya makhluk hidup, seperti ikan pada contohnya. Robot mungil tersebut berama Kilobot.






Robot tersebut hanya berukuran beberapa milimeter dan mempunyai desain yang sangat sederhana. Biaya pembuatan satu unit robot ini pun tidak terlalu besar, sehingga memungkinkan pembangunan ribuan robot. Dengan membangun ribuan robot tersebut, Kilobot bisa membentuk tiga formasi bentuk, yakni bintang, huruf K, serta kunci pas. Anda pun bisa melihat kemampuan robot mungil Kilobot tersebut dalam video di bawah ini.






Pembentukan ketiga formasi tersebut dilakukan tanpa ada intervensi manusia. Robot-robot tersebut secara murni bergerak dengan sendirinya dengan algoritma khusus. Pemakaian algoritma untuk robot-robot mungil ini pun merupakan sebuah pencapaian tersendiri dalam dunia robot. Terlebih saat ini banyak keterbatasan dalam pengembangan dunia robot.







Sumber : http://www.beritateknologi.com/         |      

 
Design by Jery Tampubolon | Bloggerized by Jery - Rhainhart Tampubolon | Indonesian Humanis