Saturday, November 2, 2013

Humanisme

Humanisme Universal merupakan hasil dari sejarah panjang manusia dalam berfikir bebas yang diilhami oleh pemikir-pemikir besar dunia, seniman-seniman kreatif dan perkembangan sains dunia. Kesimpulan yang menjadi dasar humanisme universal modern adalah:

1. Humanisme adalah etika
Humanisme menjunjung tinggi nilai-nilai, kedaulatan dan kebebasan pribadi dalam segala hak kebebasan yang hanya dibatasi oleh hak pribadi lainnya. Seorang humanis memelihara humanitas termasuk untuk generasi masa depan. Seorang humanis percaya bahwa moralitas adalah bagian dari sifat alami manusia yg mendasarkan pada saling pengertian dan acuh terhadap sesama serta tidak memerlukan sanksi dari luar.

2. Humanisme adalah rasionalitas
Humanisme memakai sains secara kreatif bukan destruktif.  Humanis percaya bahwa solusi atas masalah-masalah dunia terletak pada pemikiran manusia dan tindakannya, ketimbang intervensi transenden/ilahi. Humanisme menganjurkan pemakaian metoda-metoda ilmiah dan berfikir bebas terhadap masalah kesejahteraan manusia. Tetapi humanis juga percaya bahwa pemakaian sain dan teknologi haruslah dibawah nilai-nilai kemanusiaan. Sains menentukan cara, nilai-nilai kemanusian yang menentukan akhirnya.

3. Humanisme menyulang demokrasi dan hal azasi manusia
Humanisme bertujuan mengembangkan manusia sepenuh-penuhnya. Memegang demokrasi dan pengembangan diri manusia sebagai sebuah hak. Prinsip-prinsip demokrasi dan hak azasi manusia dilaksanakan dalam hubungan antar manusia tanpa dibatasi oleh cara-cara pemerintahan.

4. Humanisme menginginkan kebebasan pribadi menyatu dengan tanggung jawab sosial
Usaha-usaha humanis adalah membangun dunia berdasarkan ide-ide dari manusia  bebas yang bertanggung terhadap masyarakat serta mengakui saling ketergantungan di dunia. Humanisme bukanlah dogma, tanpa sumpah dalam keterlibatan. Humanisme terikat dalam memajukan pendidikan yang bebas dari indoktrinasi.

5. Humanisme adalah tanggapan terhadap kebutuhan luas untuk alternatif agama dogmatis. 
Agama besar di dunia mengklaim kebenaran berdasarkan pada wahyu dan berlaku sepanjang jaman serta berusaha untuk memaksakan pandangan dunia mereka pada semua umat manusia. Humanisme mengakui bahwa pengetahuan yang dapat diandalkan dunia dan diri kita muncul melalui suatu proses yang berkelanjutan. observasi, evaluasi dan revisi.


6. Humanisme menghargai kreativitas seni dan imajinasi serta mengakui kemampuan transformasi dari seni. 
Humanisme menegaskan pentingnya sastra, musik, dan seni visual dan pertunjukan untuk pengembangan pribadi dan pemenuhan hidup manusia.

7. Humanisme adalah pandangan hidup yang mengarah pada pemenuhan maksimal melalui pembudidayaan etika dan hidup kreatif 
Humanisme menawarkan cara yang etis dan rasional mengatasi tantangan zaman sekarang. Humanisme dapat menjadi cara hidup bagi semua orang di mana-mana.

Kita perlu berusaha membuat manusia menyadari dengan cara sederhana agar Humanisme dapat berarti bagi mereka dan apa komitmen mereka untuk itu.  Dengan memanfaatkan kemampuan bertanya yang bebas, kekuatan  ilmu pengetahuan dan imajinasi kreatif untuk kelanjutan perdamaian dunia dalam pelayanan yang berdasarkan belas kasih. Kita perlu berkeyakinan  bahwa kita memiliki sarana untuk memecahkan masalah sekarang dan mendatang yang kita hadapi.

IHEU Congress 2002.

1 comments:

 
Design by Jery Tampubolon | Bloggerized by Jery - Rhainhart Tampubolon | Indonesian Humanis